Text
Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap keterampilan membaca bahasa mandarin siswa kelas x akomodasi perhotelan SMK Negeri 27 Jakarta
ABSTRAK
Listy Ramadana Tanjung. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Mandarin Siswa Kelas X Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 27 Jakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Dalam pembelajaran bahasa Mandarin, dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang efektif. Salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe Scramble. Model pembelajaran kooperatif tipe Scramble melatih siswa berpikir menyelesaikan dan menemukan jawaban yang tepat secara berkelompok.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble siswa kelas X Akomodasi Perhotelan dan membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble berpengaruh terhadap keterampilan membaca bahasa Mandarin siswa kelas X Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 27 Jakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan model Quasi Experimental dengan Nonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 27 Jakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akomodasi Perhotelan 3 dan 4 yang berjumlah 72 siswa. Kelas X Akomodasi Perhotelan 3 berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X Akomodasi Perhotelan 4 berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol.
Data penelitian diperoleh dari hasil skor pretest dan posttest keterampilan membaca bahasa Mandarin. Setelah dilakukan pengujian menggunakan uji t-test sample independent diperoleh P-value sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi P-value < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak karena 0,000 < 0,05. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Scramble berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca bahasa Mandarin siswa kelas X Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 27 Jakarta.
Kata kunci: model pembelajaran, kooperatif, tipe Scramble, keterampilan membaca, bahasa Mandarin.
Bibliografi-lembar 61-63
SS00021684 | Sk 21684 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain