Text
Motivasi orang tua menyekolahkan anak di model sekolah Tahfidz boarding : studi kasus Ma'had Tahfidh Qur'an Nurani
ABSTRAK
Siti Robbiatul Adawiah, Motivasi Orang Tua Menyekolahkan Anak Di Model Sekolah Tahfidz Boarding (Studi Kasus Ma’had Tahfidh Qur’an Nurani), Program Studi Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri jakarta, 2019.
Penelitian ini ditujukan untuk menemukan apa yang memotivasi para orang tua dalam menyekolahkan anaknya yang berada di usia SD di sekolah tahfidz model boarding, khususnya di Ma’had Tahfidh Qur’an Nurani Jakarta, serta faktor apa saja yang mendukung dan menghambat santri khususnya anak-anak para orang tua yang peneliti wawancara selama menghafal Al Qur’an di Ma’had Tahfidh Qur’an Nurani.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh peneliti melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Untuk responden penelitian ini adalah para orang tua santri yang berusia SD dari Ma’had Tahfidh Qur’an Nurani yang diambil berdasarkan jarak antara rumah orang tua santri ke Ma’had Tahfidh Qur’an Nurani. Penelitian ini juga menggunakan teori motivasi intrinsik dan ekstrinsik, yang dimana faktor untuk intrinsik adalah (1) adanya hasrat dan keinginan berhasil, (2) adanya dorongan dan kebutuhan, (3) adanya harapan dan cita-cita, (4) adanya penghargaan, dan faktor untuk ekstrinsik adalah (1) adanya penghargaan, (2) adanya kegiatan yang menarik, (3) adanya lingkungan yang kondusif, (3) adanya imbalan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa motivasi orang tua menyekolahkan anaknya di model sekolah tahfidz boarding dikarenakan adanya motivasi intrinsik dan ekstrinsik dari orang tua tersebut yang dimana jumlah presentase berdasarkan jawaban para responden (orang tua) adalah 60% untuk motivasi intrinsik dan 40% untuk motivasi ekstrinsik.
Kata Kunci : Motivasi, Orang Tua, Sekolah Tahfidz Boarding
SS00021764 | SK 21764 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain