Text
Pengaruh kompetensi pedagogik, sikap terhadap profesi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Kota Samarinda
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, SIKAP TERHADAP PROFESI
DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU
MADRASAH IBTIDAIYAH KOTA SAMARINDA
Suhaimi
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kompetensi pedagogik, sikap pada profesi dan motivasi kerja, memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kota Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasional untuk menemukan hubungan antar variabel. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh satu variabel terhadap variabel lainnya digunakan teknik analisis jalur (Path Analysis). Dari hasil penelitian ditemukan bahwa variabel kompetensi pedagogik memiliki korelasi dan berpengaruh langsung secara positif terhadap kinerja guru. Kemampuan dan keterampilan guru dalam pengajaran memberi kontribusi besar dalam kuantitas dan kualitas implementasi tugas guru. Variabel sikap terhadap profesi memiliki korelasi dan berpengaruh langsung secara positif terhadap kinerja guru. Sikap guru terhadap profesi sebagai pendidik memberi kontribusi besar terhadap pelaksanaan tugas guru. Variabel motivasi kerja memiliki korelasi dan berpengaruh langsung secara positif terhadap kinerja guru. Dorongan dari dalam diri guru memberi kontribusi besar terhadap pelaksanaan tugas guru. Variabel-variabel tersebut secara bersama-sama memiliki korelasi dan pengaruh terhadap kinerja guru. Sebagai kebaruan, penelitian ini menemukan bahwa variabel kompetensi pedagogik memiliki korelasi dan berpengaruh langsung secara positif terhadap variabel motivasi kerja. Kemampuan dan keterampilan pengajaran yang dimiliki guru memberi kontribusi terhadap motivasi guru dalam melaksanakan tugas. Dan variabel sikap terhadap profesi memiliki korelasi dan berpengaruh langsung secara positif terhadap motivasi kerja. Sikap guru terhadap profesi sebagai pendidik memberi kontribusi terhadap motivasi guru dalam melaksanakan tugas. Berdasarkan hasil penelitian ini maka kompetensi pedagogik, sikap terhadap profesi dan motivasi kerja memiliki korelasi dan berpengaruh langsung secara positif terhadap kinerja guru.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Sikap Profesi, Motivasi dan Kinerja.
Bibliografi : lembar 166-172
DD00002665 | D 2665 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain