Text
Pengembangan monopoli pop up tema indahnya kebersamaan kelas IV sekolah dasar : (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SDN Aren Jaya XIII)
PENGEMBANGAN MONOPOLI POP UP
TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV SEKOLAH DASAR
Amelia Ramadhinah
ABSTRAK
Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk permainan monopoli pop up. Media pembelajaran ini diharapkan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan melakukan tahapan-tahapan model pengembangan Baker & Schutz, yakni 1) Formulasi Produk, 2) Spesifikasi Pembelajaran, 3) Uji Coba Soal, 4) Pengembangan Produk, 5) Uji Coba Produk, 6) Revisi, dan 7) Analisis Operasi. Evaluasi pengembangan produk ini dilakukan melalui expert review, one to one,dan small group. Tahap expert review melibatkan Para Ahli yang menguasai dibidangnya. Nilai rata-rata yang diperoleh pada tahap ini sebesar 3,87. Tahap one to one permainan diuji cobakan kepada 2 orang siswa dengan kemampuan pemahaman akademik yang berbeda. Nilai rata-rata yang diperoleh pada tahap ini sebesar 10. Tahap small group, permainan ini diuji cobakan kepada 4 orang siswa. Nilai rata-rata yang diperoleh pada tahap ini sebesar 10. Dari hasil-hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan monopoli pop up pada tema indahnya kebersamaan kelas IV dikatakan sangat baik.
Kata kunci: Tematik, Pengembangan, Pop Up, Sekolah Dasar, Monopoli
SS00021522 | SK 21522 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain