Text
Pengaruh kepemimpinan transformasional, organisasi pembelajaran dan pengambilan keputusan terhadap komitmen profesional dosen di Universitas Kristen Indonesia
ABSTRAK
Universitas Kristen Indonesia sebagai salah satu Universitas yang sudah lama berdiri (sejak 1953) dinilai belum optimal dalam hal mengaplikasikan tugas dan fungsi sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi di Indonesia, dampak dari hal tersebut terlihat dari kepeminatan siswa-siswa lulusan sekolah menengah atas yang belum menjadikan Universitas Kristen Indonesia (UKI) sebagai prioritas pilihan dalam mewujudkan cita-citanya. Data jumlah penerimaan mahasiswa menunjukkan UKI mengalami trend penurunan jumlah mahasiswa sejak tahun 2000, berdasarkan data tersebut dan hasil survey awal di internal UKI maka dipandang perlu dilakukan analisis ilmiah dengan membuktikan variable yang mempengaruhinya dan memberikan masukan kepada Universitas Kristen Indonesia untuk mengintervensi penyebab yang di temukan. Dengan melakukan survey dan metode penellitian kuantitatif, disain kausal ditetapkan sampel secara simple random sampling dengan berpedoman pada rumus teknik sampel dari Slovin diambil sebanyak 183 dosen (54%) , dosen sebagai responden mengisi questioner yang telah di disain terkait 3 jenis variable independen yang ditetapkan yaitu : Pengaruh Kepemimpinan Transformasional , Organisasi Pembelajaran dan Pengambilan Keputusan Terhadap variabel dependen yang ditetapkan yaitu Komitmen Profesionalisme Dosen. Perode pengambilan sampel dilakukan pada bulan Juli sampai Agustus 2018. Hasil penelitian menunjukkan Kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung positif terhadap organisasi pembelajaran, komitmen profesionalisme dosen dan pengambilan keputusan serta pengambilan keputusan berpengaruh langsung positif terhadap komitmen profesionalisme dosen sementara organisasi pembelajaran tidak berpengaruh langsung positif terhadap komitmen profesionalisme dosen. Universitas Kristen Indonesia perlu membangun gaya kepemimpinan transformasional dan meningkatkan manajemen pengetahuan dengan memanfaatkan pengetahuan organisasi serta mengembangkan pengambilan keputusan yang lebih melibatkan dosen sehingga dapat meningkatkan komitmen profesional dosen sebagai salah satu komponen penting dalam sumber daya pendidikan .
Kata Kunci :
Kepemimpinan transformasional, organisasi pembelajaran, pengambilan keputusan, komitmen profesional dosen.
Bibliografi : lembar 137-143
DD00002655 | D 2655 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain