Text
Implementasi kompetensi kepribadian dan sosial pada guru baru : studi kasus interaksi guru baru di SMP Islam Bidayatul Hidayah Bekasi
ABSTRAK
Eka Pratiwi. Implementasi Kompetensi Kepribadian Dan Sosial Pada Guru Baru Di SMP Islam Bidayatul Hidayah Bekasi. Skripsi, Jakarta. Program Studi Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial yang ada pada guru baru di SMP Islam Bidayatul Hidayah Bekasi. Guru baru adalah guru baru yang memulai profesinya di dunia mengajar. Menjadi guru bukanlah suatu hal yang mudah, diperlukan adanya keprofesionalan dan kompetensi. Peneliti akan mendeskripsikan interaksi guru baru dengan guru senior, siswa, orangtua atau wali murid dan masyarakat sekitar untuk meneliti implementasi kompetensi kepribadian dan sosial guru baru di SMP Islam Bidayatul Hidayah Bekasi.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, menggunakan teori Badan Standar Nasional Pendidikan ayat 3 butir b dan d tentang kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kompetensi kepribadian dan sosial guru baru di SMP Islam Bidayatul Hidayah Bekasi sudah baik berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.
Kata kunci: implementasi, guru baru, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial
Bibliografi : lembar 69-72
SS00021880 | SK 21880 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain