Text
Pengembangan model pembelajaran ilmu pengetahuan sosial berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap sosial siswa (Studi di SDN 6 Katobu dan SDN 3 Batalaiworu Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara)
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SOSAL SISWA
(Studi di SDN 6 Katobu dan SDN 3 Batalaiworu Kabupaten Muna
Provinsi Sulawesi Tenggara)
SARNELY UGE
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk model pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan sikap sosial siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian adalah metode penelitian dan pengembangan. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, angket, tes dan observasi. Kelayakan model pembelajaran merujuk pada hasil penilaian teman sejawat, penilaian ahli, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) uji keefektifan model pembelajaran IPS yang dikembangkan berbasis kearifan lokal layak dari sudut pandang ahli dan pengguna; (2) model pembelajaran IPS yang dikembangkan berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap sosial siswa kelas IV di SDN 6 Katobu dan SDN 3 Batalaiworu pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 di Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara. Secara utuh, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal merupakan regenerasi pengetahuan akan nilai-nilai kearifan lokal pada siswa kelas awal, sehingga menjadikan manusia yang berbudaya dan tidak akan kehilangan arah untuk bertindak dan berperilaku. Dengan demikian tercipta pengetahuan dan akhlak yang mulia.
Kata Kunci: Kearifan Lokal, Pengetahuan IPS SD, Sikap Sosial
Bibliografi : lembar 144-151
DD00002718 | D 2718 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain