Text
Hubungan efikasi diri dan kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI di SMKN 15 Jakarta
ABSTRAK
HELMI FADILLAH. 8105151336. Hubungan antara Efikasi Diri dan Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI di SMKN 15 Jakarta. 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada siswa kelas XI di SMKN 15 Jakarta, mengetahui hubungan antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada siswa kelas XI di SMKN 15 Jakarta dan mengetahui hubungan antara Efikasi Diri dan Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada siswa kelas XI di SMKN 15 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama enam bulan terhitung dari bulan Februari 2019 sampai dengan Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMKN 15 Jakarta. Populasi terjangkaunya yaitu seluruh siswa kelas XI SMKN 15 Jakarta. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 131 siswa dengan teknik acak proporsional. Data variabel Y (Prokrastinasi Akademik), X1 (Efikasi Diri), dan X2 (Kontrol Diri) merupakan data primer dengan menggunakan kuesioner model skala Likert. Teknik analisis data menggunakan SPSS 25.0. Hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan F hitung (49,380) > F tabel (3,07), hal ini berarti secara serentak X1 dan X2 berhubungan dengan Y. Uji t menghasilkan t hitung X1 (-2,511) < t tabel (-1,978), dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik. Kemudian, t hitung X2 (-7,466) < t tabel (-1,978), maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan memiliki persamaan regresi berganda Ŷ = 224,567 - 0,189X1 – 1,114X2. Uji koefisien korelasi (R) yaitu sebesar 0,660 termasuk ke dalam kategori hubungan yang kuat. Uji koefisien determinasi (R²) sebesar 44%, yaitu masing-masing variabel Efikasi Diri (X1) dan Kontrol Diri (X2) menyumbang pengaruh sebesar 44% kepada Y dan sisanya 56% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata kunci: Efikasi Diri, Kontrol Diri, Prokrastinasi Akademik
Bibliografi : lembar 85-87
SS00022064 | SK 22064 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain