Text
Pengaruh Scientific Creative Reasoning Worksheet (SCSRW) pada project based learning dan kemampuan awal terhadap scientific reasoning skills siswa SMA
PENGARUH SCIENTIFIC CREATIVE REASONING WORKSHEET
(SCSRW) PADA PROJECT BASED LEARNING DAN KEMAMPUAN
AWAL TERHADAP SCIENTIFIC REASONING SKILLS SISWA SMA
Abstrak. Sejak abad 21, keterampilan berfikir kreatif ilmiah dan
penalaran ilmiah akan menunjang siswa dalam mempersiapkan siswa
memasuki dunia kerja dengan baik. Salah satu cara dengan penerapan
lembar kerja berbasis proyek yang memfasilitasi siswa agar mampu untuk
berfikir seacar kreatif ilmiah dan bernalar ilmiah. Penelitian ini
dilaksanakan di MAN Insan Cendekia Serpong pada April hingga Mei
2019. Tujuan penelitian ini untuk menemukan efektivitas dari Scientific
Creative Reasoning Worksheet (SCSRW) dengan membandingkan
Scientific Reasoning Worksheet (SRW) untuk meningkatkan Scientific
Reasoning Skills (SRS) pada pelajaran fisika materi gerak harmonis
sederhana. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan
disain treatment by level 2 x 2 yang melibatkan 52 siswa IPA kelas X
dengan seleksi sampel acak. Sampel di kelompokkan menjadi
kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah dengan jumlah 26
siswa berdasarkan hasil tes sebelum diberikan perlakuan SCSRW dan
SRW. Disain instrumen pada penelitian ini menggunakan sintaks
Scientific Reasoning Skills (SRS) seperti premise, rule, data, evidence dan
claim dengan 10 soal open-ended gerak harmonis sederhana. Ada dua
proyek yaitu membuat koil per pada pulpen pegas dan membangun
prototipe kapal kora-kora. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara
konsisten menerapkan SCSRW lebih efektif signifikan dalam
meningkatkan SRS sekitar 86,3 dengan standar deviasi 6,55 untuk siswa
berpengetahuan awal tinggi sedangkan siswa berpengetahuan awal
rendah adalah 83,4 dengan standar deviasi 3,96. Di sisi lain, penerapan
SRW menunjukkan hasil adalah 85,1 dengan standar deviasi 4,42 untuk
siswa berpengetahuan tinggi awal, sedangkan berpengetahuan awal
rendah adalah 81,8 dengan standar deviasi 4,13. Metode pengumpulan
data menggunakan ANAVA 2 jalur. Semua data memiliki varians yang
homogen dengan uji Barlett dan data terdistribusi normal.
Kata kunci: Scientific Creative Reasoning Worksheet (SCSRW), Scientific
Reasoning Worksheet (SRS), Pembelajaran Berbasis Proyek,
Keterampilan Penalaran Ilmiah, Keterampilan Kreatif Ilmiah, Kemampuan
Awal, Konsep Gerak Harmonik Sederhana
Bibliografi : lembar 160-171
TM00005960 | TM 5960 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain