Text
Pengembangan media permainan edukasi papan phyxagon berbasis gamification in education pada materi pemanasan global
ABSTRAK
ALFATH ARRAHMAN. Pengembangan Media Permainan Edukasi Papan
Phyxagon Berbasis Gamification in Education pada Materi Pemanasan Global.
Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2019.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan permainan papan phyxagon
berbasis gamification in education pada materi pemanasan global sebagai media
pembelajaran yang edukatif. Konsep pengembangan media didasarkan pada
kompetensi dasar Kurikulum 2013 revisi dan Kurikulum Tersembunyi di kelas XI
semester II. Media yang dikembangkan menggabungkan antara elemen permainan
dan edukasi sehingga motivasi siswa dalam mempelajari materi pemanasan global
meningkat. Produk luaran berupa permainan papan phyxagon dengan metode yang
digunakan adalah model penelitian dan pengembangan 4-D. Berdasarkan hasil uji
validitas oleh ahli materi dan media menunjukan bahwa sebesar 77,50% materi
pada permainan ini layak untuk dijadikan bahan ajar di kelas dan 81,29%
permainan ini telah sesuai dengan standar media belajar di sekolah. Selain itu,
berdasarkan uji coba di SMA Negeri 42 Jakarta mendapatkan hasil 90,05% dari
guru fisika dan 84,28% dari siswa, sehingga dapat dideskripsikan bahwa permainan
papan Phyxagon dapat dijadikan sebagai media pembelajaran pemanasan di
sekolah. Dapat disimpulkan bahwa permainan papan Phyxagon ini dapat diterapkan
dalam kegiatan belajar pada materi pemanasan global dan membantu guru
mengembangkan kegiatan belajar di kelas
Kata-kata kunci: media pembelajaran, permainan edukasi, papan phyxagon,
pemanasan global
Bibliografi : lembar 52-53
SS00022133 | SK 22133 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain