Text
Model pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa Sekolah Dasar
MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
Email: adidwief@gmail.com
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa sekolah dasar. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang: pengembangan dan penerapan model pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa sekolah dasar dan mengetahui efektivitas, efisiensi dan daya tarik anak terhadap model yang dibuat. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research & Development (R & D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa-siswi Sekolah Dasar yang terdiri dari 72 siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket dan instrumen tes gerak dasar lompat jauh gaya jongkokuntuk mengumpulkan data siswa sekolah dasar. Adapun tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah, pada tahap: (1) analisis kebutuhan, (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) uji coba terbatas (ujicoba kelompok kecil); dan (4) ujicoba utama (field testing). Uji efektifitas model menggunakan tes keterampilan lompat jauh gaya jongkokuntuk mengetahui keterampilan siswa sekolah dasar sebelum pemberian treatment berupa model pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok yang dikembangkan dan untuk mengetahui keterampilan lompat jauh untuk siswa sekolah dasar setelah perlakuan model yang dikembangkan. Dari tes awal yang dilakukan diperoleh keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa sebesar 714, kemudian setelah diberikan perlakuan berupa model pembelajaran diperoleh nilai total sebesar 836. Maka model pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa sekolah dasar.
Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa sekolah dasar dapat dikembangkan dan diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmaniserta meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok untuk sekolah dasar(2) Dengan model pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa sekolah dasar yang telah dikembangkan, diperoleh data efektifitas dan hasil pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa sekolah dasar.
Kata kunci: Model, Pembelajaran, Lompat Jauh Gaya Jongkok
Bibliografi : lembar 78-83
TM00006008 | TM 6008 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain