Text
Analisis motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) pada materi koloid
ABSTRAK
Fajar Indah Pertiwi: Analisis Motivasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) pada Materi Koloid. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Agustus 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) pada Materi Koloid. Penelitian dilaksanakan di SMAN 27 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan subyek penelitian terdiri dari 36 orang siswa kelas XI MIA 3. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner motivasi belajar, wawancara siswa dan lembar observasi. Hasil menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari data hasil kuesioner motivasi belajar pada setiap aspek motivasi belajar yang terdiri dari 4 aspek, yaitu perhatian (Attention), keterkaitan (Relevance), rasa percaya diri (Confident), dan kepuasan (Satisfaction). Berdasarkan hasil kuesioner, motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori sedang menjadi kategori tinggi. Model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tornament) ini memiliki 4 tahapan dalam proses pembelajarannya, yaitu presentasi kelas, belajar tim, turnamen, dan penghargaan tim. Team Games Tornament menciptakan proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan menantang sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar pada setiap proses pembelajaran.
Kata Kunci : Motivasi, Kooperatif, Team Games Tornament, Koloid
Bibliografi : lembar 66-68
SS00022156 | SK 22156 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain