Text
Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada materi gelombang stasioner
ABSTRAK
CIKA KALISTA ADINDA. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis
Mobile Learning Pada Materi Gelombang Berjalan dan Gelombang
Stasioner.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media
pembelajaran berbasis mobile learning pada materi gelombang berjalan
dan gelombang stasioner yang layak dalam pembelajaran di SMA.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development
dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Langkah-langkah
pengembangan ADDIE adalah analyze, design, develop, implementation
dan evaluate. Media yang dihasilkan berupa aplikasi dapat digunakan
pada perangkat Android dengan nama “Dynary Waves”. Aplikasi ini
terdiri dari 4 pilihan menu utama, yaitu kompetensi, peta konsep, materi,
dan kuis. Pada aplikasi ini dilengkapi juga dengan gambar, grafik,
animasi, simulasi dan video. Hasil validasi produk oleh ahli materi
memiliki persentase 87.11%, ahli media 76.25%, serta hasil uji coba
produk oleh guru fisika SMA sebesar 91.91% dan oleh siswa sebesar
85.40% yang termasuk dalam interpretasi layak. Dapat disimpulkan
aplikasi Dynary Waves pada materi gelombang berjalan dan gelombang
stasioner layak digunakan sebagai suplemen pembelajaran fisika di
SMA.
Kata-kata kunci: ADDIE, Mobile Learning, Gelombang Berjalan, Gelombang
Stasioner
Bibliografi : lembar 51-53
SS00022170 | SK 22170 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain