Text
Minat belajar bahasa Prancis siswa kelas X SMK Santa Lucia Jakarta
ABSTRAK
Denada. 2019. Minat Belajar Bahasa Prancis Siswa Kelas X SMK Santa Lucia Jakarta. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas X dalam pembelajaran bahasa Prancis di SMK Santa Lucia dan berbagai indikator minat, antara lain : (1) perasaan senang (2) ketertarikan siswa (3) perhatian siswa (4) partisipasi siswa.
Teori utama yang digunakan adalah teori minat belajar menurut Slameto (2010 :180) dengan beberapa teori pendukung mengenai minat belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang mengamati situasi dalam keadaan sebenarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan deskriptif-kualitatif. Sukmadinata (2010: 18) penelitian deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan suatu keadaan atau fenomena-fenomena apa adanya. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan berbagai cara yaitu, pengamatan yang berupa catatan lapangan, dokumentasi yang berupa foto, video ataupun rekaman suara, wawancara dan angket.
Hasil penelitian menunjukan minat belajar siswa kelas X terhadap pembelajaran bahasa Prancis di SMK Santa Lucia termasuk dalam kategori “Baik” dengan persentase 78%. Berdasarkan skor dari empat indikator minat belajar yang merupakan alat untuk mengukur minat belajar siswa kelas X di SMK Santa Lucia menunjukkan perasaan senang termasuk dalam kategori “Baik”, ketertarikan siswa termasuk dalam kategori “Baik”, perhatian siswa termasuuk dalam kategori “Sangat baik”, dan partisipasi siswa termasuk dalam kategori “Baik”. Perhatian siswa merupakan indikator yang memiliki persentase terbesar yaitu 81,6 % dalam menunjukan minat belajar siswa dan termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.
Kata Kunci : Minat belajar, Indikator minat.
Bibliografi : lembar 73-75
SS00022678 | SK 22678 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain