Text
Pengaruh keterampilan sosial terhadap kecenderungan adiksi game online pada remaja
PENGARUH KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP KECENDERUNGAN ADIKSI GAME ONLINE PADA REMAJA
ALMA SHINTA CARISSA
SKRIPSI
Jakarta: Program Studi Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi
Universitas Negeri Jakarta
2019
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan sosial terhadap kecenderungan adiksi game online pada remaja. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan skala pengukuran psikologi. Teknik sampling pada penelitian ini adalah insidental sampling. Instrumen game addiction for adolencent yang digunakan berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Lemmens dkk. (2009) dan instrumen The Matson Evaluation of Social Skill with Youngsters yang digunakan berdasarkan teori Matson, dkk. (dalam Teodoro, 2005). Reliabilitas instrumen keterampilan sosial pada dimensi agresifitas sebesar 0.93, dimensi asertif 0.88, dimensi kesombongan 0.66, dimensi kesepian 0.78, sedangkan reliabilitas instrumen adiksi game online sebesar 0.93. Responden pada penelitian ini sebanyak 127 remaja yang bermain game online. Berdasarkan hasil analisis, tidak terdapat pengaruh keterampilan sosial terhadap kecenderungan adiksi game online.
Kata kunci : Keterampilan Sosial, Kecenderungan Adiksi Game Online, Remaja
Bibliografi: lembar 57-61
SS00022507 | SK 22507 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain