Text
Pengaruh model advance organizer terhadap self confidence dan peningkatan kemampuan komunikasi Matematis ditinjau dari kemampuan awal Matematika siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor wilayah Utara
PENGARUH MODEL ADVANCE ORGANIZER TERHADAP SELF CONFIDENCE DAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI DI KABUPATEN BOGOR WILAYAH UTARA
Khoiriyah Ulfah Suparman
Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta
khoiriyahulfahs@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan self confidence dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model advance organizer. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain kontrol tes akhir untuk kemampuan self confidence dan pre-test post-test untuk kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal matematika tinggi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP 2 Parung dan SMP Negeri 3 Gunung Sindur Kabupaten Bogor pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 96 siswa. Hasil Penelitian ini ialah (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi perlakuan dengan model advance organizer lebih tinggi daripada siswa yang diberi perlakuan dengan model konvensional; (2) terdapat interaksi antar model pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis; (3) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis pada siswa dengan KAM tinggi; (4) Tidak terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis pada siswa dengan KAM rendah; (5) self confidence siswa yang diberi perlakuan dengan model advance organizer lebih tinggi daripada siswa yang diberi perlakuan dengan model konvensional; (6) terdapat terdapat interaksi antar model pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap kemampuan self confidence;(7) terdapat perbedaan self confidence pada siswa dengan KAM tinggi; (8) tidak terdapat perbedaan self confidence pada siswa dengan KAM rendah
Kata Kunci: Model Advance organizer, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self confidence, Kemampuan Awal Matematika.
Bibliografi hal 119-123
TM00005981 | TM 5981 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain