Text
Pengaruh budaya organisasi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru akuntansi di SMK Negeri wilayah Jakarta Barat
ABSTRAK
NADIA FIRADUS Pengaruh budaya organisasi dan kepemipinan kepala sekolah terhadap kinerja guru akuntansi di SMK Negeri wilayah Jakarta Barat. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara budaya organisasi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru akuntansi di SMK Negeri wilayah Jakarta Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, uji persamaan regresi dan uji hipotesis. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah guru akuntansi di SMK Negeri Wilayah Jakarta Barat yang berjumlah 37 guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 guru. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara budaya organisasi terhadap kinerja, dimana t hitung 2,401 lebih besar dari t tabel 2,04523. Terdapat pengaruh secara parsial antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, dimana t hitung 4,772 lebih besar dari t tabel 2,04523. Adapun secara simultan terdapat pengaruh antara budaya organisasi dan kepemimpinan kepala sekolah terhdap kinerja guru dimana F hitung 21,856 lebih besar dari F tabel 3,33. Hasil persamaan regresi adalah Ỹ = 56,698 + 0,086X1 + 0,111X2 dengan koefisien determinasi sebesar 60%. Temuan ini membuktikan bahwa pengaruh budaya organisasi dan kepemimpinan kepala sekolah berdampak positif terhadap kinerja guru, mendukung hasil penelitian sebelumnya. Dalam konteks teoritis, penelitian lebih lanjut diharapkan untuk menyelidiki lebih dalam faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru, seperti kompetensi, motivasi, kecerdasan emosional, kepuasan kerja, dan disiplin kerja. Implikasi praktis penting bagi kepala sekolah untuk meningkatkan budaya orgnisasi dan kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru. Berdasarkan penelitian ini, faktor-faktor seperti budaya organisasi dan kepemimpinan kepala sekolah harus dikembangkan oleh Pusat dan Pemerintah Daerah baik itu untuk wilayah Jakarta Barat dan DKI Jakarta secara keseluruhan.
Kata Kunci : Budaya Organisasi, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Bibliografi : lembar 100-102
SS00022571 | SK 22571 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain