Text
Pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap loyalitas pengguna sepeda motor Yamaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
TIANSI SUCI PERTIWI, Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan terhadap
Loyalitas Pengguna Sepeda Motor Yamaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi di
Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, selama 6
bulan terhitung sejak Januari sampai dengan bulan Juli 2019. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap
loyalitas pengguna sepeda motor Yamaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi di
Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode
survey dengan kuesioner, populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah dengan teknik Purposive sampling sebanyak 157 orang.
Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ= 9,183 + 0,309 X1 + 0,306 X2. Uji
persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smimov dengan
tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y
bernilai sebesar 0,200, X1 bernilai sebesar 0,200, X2 bernilai sebesar 0,200. Karena
tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa
data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya.
Uji linieritas regresi Y atas X1 dan Y atas X2 menghasilkan nilai signifikansi pada
Linearity, yaitu 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa memiliki hubungan
yang linier. Dari uji keberartian regresi Y atas X1 dan X2 menghasilkan Fhitung >
Ftabel, yaitu 25,295 > 3,053, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi
tersebut signifikan. Selanjutnya, dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung =
3,999 dan ttabel =1,65481, Y atas X2 thitung = 3,921 dan ttabel =1,65481. Nilai koefisien
korelasi antara variable citra merek (X1) terhadap loayalitas (Y) sebesar 0,415 dan
nilai koefisien determinasi antara variabel kualitas layanan (X2) terhadap loyalitas
(Y) sebesar 0,411. Jadi, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara citra merek
terhadap loyalitas, serta pengaruh positif dan signifikan antara kualitas layanan
terhadap loyalitas. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan antara citra merek dan kualitas layanan terhadap loyalitas.
Koefisien determinasi Y atas X1 dan X2 yang diperoleh sebesar 0,247 yang
menunjukkan bahwa 24,7% variabel loyalitas ditentukan oleh citra merek dan
kualitas layanan. Sementara itu, sisanya 75,3% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci: Loyalitas, Citra Merek, Kualitas Layanan
Bibliografi : lembar 88-90
SS00022576 | SK 22576 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain