Text
An analysis of grammatical errors of students' writings in English for Journalism Course
ABSTRAK
Annisa Maharani. 2019. Analisis Error Gramatik pada Tulisan Siswa dalam Kelas Jurnalisme Inggris
Skripsi. Program Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta
Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu 1)Apa saja error gramatik yang ditemukan dalam tulisan siswa di kelas Jurnalisme Inggris? dan 2)Apa saja frekuensi jenis error gramatik yang ditemukan dalam tulisan siswa di kelas Jurnalisme Inggris? Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2019. Data dikumpulkan dari 15 siswa program Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Jakarta pada tahun akademik 2018 yang telah mengambil kelas Jurnalisme Inggris dan objek dalam penelitian ini adalah error gramatik yang ditemukan dalam tugas tulisan siswa dan tipe error gramatik beserta frekuensinya yang ditemukan dalam tulisan siswa di kelas Jurnalisme Inggris. Instrumen yang digunakan adalah data dokumen digital dari tugas menulis 15 siswa dari program Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Jakarta pada tahun akademik 2018 yang telah mengambil kelas Jurnalisme Inggris. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan bahwa ada 8 jenis error gramatik yang ditemukan dalam 20 tulisan siswa, yaitu kata benda, kata ganti orang, kata sifat, kata kerja, punctuation, huruf kapital, article dan kata hubung. Frekuensi error paling tinggi adalah penggunaan kata kerja dan paling rendah adalah penggunaan kata sifat. Sedangkan untuk frekuensi error gramatik, ada 4 macam jenis eror yaitu omission atau penghilangan, addition atau penambahan, misformation atau kesalahan dalam formasi, dan miss-order atau kesalahan dalam pengurutan. Jumlah dengan total eror paling banyak adalah kesalahan dalam formasi dengan total error sebanyak 78 dengan frekuensi 35,13%. Jumlah kesalahan paling sedikit adalah kesalahan dalam pengurutan dengan total error sebanyak 25 error dan frekuensi sebanyak 11,26%. Error untuk penghilangan sebanyak 53 error dengan frekuensi 23,78%. Dan Kesalahan dalam urutan sebanyak 66 error dengan frekuensi 29,72%.
Kata Kunci: Analisis Error, Error Gramatik.
Bibliografi : Lembar 57
SS00022673 | SK 22673 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain