Text
Keterampilan membaca teks bahasa Arab tanpa Syakkal melalui teks berwarna pada mahasiswa tahun ketiga pendidikan bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
MIRA HIKMALASARI, “Keterampilan Membaca Teks Bahasa Arab tanpa
Syakkal melalui Teks Berwarna pada Mahasiswa tahun ketiga Pendidikan Bahasa
Arab Universitas Negeri Jakarta”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan
Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang keterampilan membaca teks
bahasa arab tanpa syakkal melalui teks berwarna pada Mahasiswa tahun ketiga
Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik, yang
didasarkan pada analisis keterampilan membaca teks bahasa arab tanpa syakkal
melalui teks berwarna pada Mahasiswa tahun ketiga, dan jumlah sampel terdiri dari
20 Mahasiswa. Pengambilan data ini dilakukan secara acak.
Peneliti melakukan penelitian ini sebanyak dua kali. Yaitu teks pertama (teks tanpa
syakkal) dan teks kedua (teks berwarna). Berdasarkan hasil analisis teks pertama
terdapat 883 kesalahan dan teks kedua terdapat 170 kesalahan dari total 2.660
jawaban mahasiswa. Kesalahan tersebut terbagi dalam 7 jenis, yaitu : (1) kesalahan
dalam hal isim marfu’ sebanyak 206 kesalahan pada teks pertama dan 25 kesalahan
pada teks kedua, (2) kesalahan dalam hal isim manshub sebanyak 235 kesalahan
pada teks pertama dan 15 kesalahan pada teks kedua, (3) kesalahan dalam hal isim
majrur sebanyak 292 kesalahan pada teks pertama dan 96 kesalahan pada teks
kedua, (4) kesalahan dalam hal fiil mabni sebanyak 45 kesalahan pada teks pertama
dan 25 kesalahan pada teks kedua, (5) kesalahan dalam hal fiil marfu’ sebanyak 21
kesalahan pada teks pertama dan 3 kesalahan pada teks kedua, (6) kesalahan dalam
hal fiil manshub sebanyak 58 kesalahan pada teks pertama dan 4 kesalahan pada
teks kedua, (7) kesalahan dalam hal fiil majzum sebanyak 26 kesalahan pada teks
pertama dan 2 kesalahan pada teks kedua.
Dari kesalahan tersebut telah disebutkan kesalahan terbanyak terjadi pada teks
tanpa syakkal dibandingkan dengan jumlah kesalahan pada teks berwarna.
Perbandingan ini menunjukkan bahwa teks berwarna dapat membantu mahasiswa
untuk membaca dengan benar dan baik. Dan teks berwarna dapat mengatasi
keterbelakangan membaca dalam kesalahan memberi syakkal pada kata.
Bibliografi : Lembar 112-115
SS00022732 | SK 22732 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain