Text
Pengembangan media audiovisual Adobe Flash untuk kemampuan mendengar dan berbicara Bahasa Arab di MTS Umdatur Rashikin Jakarta Timur
ABSTRAK
Muhammad Nurullah Burhanuddin Robbani, “Media Pembelajaran Audio
Visual Untuk Kemampuan Mendengar dan Berbicara Bahasa Arab Siswa Mts
Umdatur Rashikin Jakarta Timur”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan
Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Audio
Visual untuk Kemampuan Mendengar dan Berbicara Bahasa Arab untuk
membantu siswa memahami materi-materi yang terdapat dalam buku ajar dan
juga membantu meningkatkan kemampuan mendengar dan berbicara mereka.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
pengembangan dengan Model ADDIE (Analyze, Design, Development,
Implementation, Evaluation). Peneliti membatasi langkah metode yang
digunakan dalam penelitian ini, yaitu dengan langkah (1) Analisis (Analyze), (2)
Desain dan Pengembangan (Design and Development), (3) Penilaian Evaluasi.
Berdasarkan analisis kebutuhan terhadap media pembelajaran, peneliti
membagikan instrumen kebutuhan kepada siswa. Dalam tahap desain dan
pengembangan, peneliti mengumpulkan materi terkait kemampuan mendengar
dan berbicara. Peneliti menentukan standar kompetensi dari model materi ajar
yang dikembangkan. Setelah tahap desain dan pengembangan, dilakukan proses
penilaian dan evaluasi dari dua orang ahli. Penilaian produk juga dilakukan oleh
seorang guru Mts Umdatur Rashikin sebagai pengguna terhadap media
pembelajaran yang dikembangkan.
Respons ahli media terhadap media pembelajaran Audio Visual,
memperoleh hasil penilaian 89 yang termasuk kategori istimewa. Respons ahli
materi kedua, memperoleh hasil penilaian 74 yang termasuk kategori baik. Ratarata tingkat penilaian dari ahli penelaah materi adalah 81,5 termasuk kategori
sangat baik. Dengan demikian, maka media pembelajaran yang dikembangkan
sangat baik dan layak digunakan sebagai media bantu pembelajaran maharah
istima’ dan kalam. Adapun respon guru sebagai pengguna terhadap media
pembelajaran Audio Visual, memperoleh hasil penilaian 96 yang termasuk
kategori istimewa
Bibliografi : lembar 75-79
SS00022688 | SK 22688 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain