Text
Keterampilan dasar mengajar mahasiswa pendidikan bahasa Arab angkatan 2016 di Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Erika Novanisa : Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan
Bahasa Arab Angkatan 2016 di Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri
Jakarta. Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi yang jelas mengenai
Keterampilan Dasar Mengajar bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa
Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (Mixed Method)
yang merupakan gabungan dari Metode penelitian Kuantitatif dan metode
penelitian Kualitatif.
Lokasi penelitian yaitu disalah satu ruang kelas Universitas Negeri Jakarta.
Subjek penelitian terdiri dari 45 mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Angkatan
2016 yang mengambil mata kuliah Micro Teaching. Tekhnik pengumpulan data
menggunakan instrument observasi dan dokumentasi.
Persentase nilai rata-rata tertinggi hinggaterendah dalam keterampilan
mengajar dasar yang dikuasai mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab pada ujian,
yaitu keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dengan nilai 89,42%
dengan kategori sangat baik, dan keterampilan memberikan penguatan dengan
nilai 85,00% dengan kategori cukup. Dengan adanya penelitian ini, peneliti
mendapatkan pemahaman tentang ketrampilan dasar mengajar sekaligus data
terkait keterampilan mengajar di pendidikan bahasa arab universitas negeri jakarta.
Selain itu, penelitian ini juga dapat digunakan sebagai pedoman bagi penelitipeneliti lainnya mengenai keterampilan dasar mengajar.
Bibliografi hlm. : 105-106
SS00022715 | SK 22715 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain