Text
Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi (host) pada pengajaran sejarah di SMA Labschool Kebayoran
ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA DI SMA LABSCHOOL KEBAYORAN
Estik Wijayasari
estikwijaya@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang konsep kemampuan berpikir HOTS dan penerapannya dalam pembelajaran sejarah di SMA Labschool Kebayoran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan grounded theory Anselm Strauss dan Juliet Corbin. objek penelitian adalah pembelajaran yang dilakukan salah seorang guru sejarah di SMA Labschool Kebayoran. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) konsep HOTS yang digunakan guru sejarah dalam mengajar menggunakan analisis, seintesis, dan mencipta. (2) HOTS pada penerapannya dalam pembelajaran oleh guru sejarah di SMA Labschool Kebayoran ditunjukkan dengan menerapkan soal penilaian tengah semester yang tidak biasa, menggunakan model pembelajaran inquiry, problem based learning ataupun discovery learning mendukung perkembangan HOTS siswa. Penerapan lainnya dalam mengasah skill HOT siswa ditunjukkan dengan memberikan tugas seperti menyusun autobiografi, membuat fosil, maupun menyusun karya tulis.
Kata kunci: HOTS, pembelajaran sejarah, penerapan HOTS
Bibliografi : hlm. 135-143
TM00006095 | TM 6095 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain