Text
Pengaruh kepemimpinan sekolah dan keadilan prosedural terhadap citizenship behavior : studi kausal terhadap guru sekolah menengah atas di Jakarta Timur
PENGARUH KEPEMIMPINAN SEKOLAH DAN KEADILAN
PROSEDURAL TERHADAP CITIZENSHIP BEHAVIOR
(Studi Kausal Terhadap Guru Sekolah Menengah Atas Di Jakarta
Timur)
Dara Herdiyati Novianjani
Email: daraherdiyati@gmail.com
ABSTRAK
Citizenship behavior adalah salah satu faktor terpenting yang dapat
mendukung tujuan sekolah, dapat dipengaruhi oleh faktor kepemimpinan
maupun keadilan yang dirasakan oleh seorang guru di sekolah. Penelitian ini
bertujuan untuk memberikan informasi tentang pengaruh kepemimpinan
sekolah dan keadilan prosedural terhadap citizenship behavior. Survei
kausal melibatkan 91 guru sebagai sampel dipilih menggunakan Simple
Random Sampling (SRS). Ada tiga instrumen yang dikembangkan untuk
mengukur citizenship behavior (32 item) dengan reliabilitas 0,916,
kepemimpinan sekolah (40 item) dengan reliabilitas 0,938 dan keadilan
prosedural (26 item) dengan reliabilitas 0,893. Data dianalisis menggunakan
regresi, korelasi, dan analisis jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa
kepemimpinan sekolah dan keadilan prosedural memiliki pengaruh
langsung dan signifikan terhadap citizenship behavior guru. Keadilan
prosedural tidak dapat dikatakan sebagai variabel mediasi yang baik bagi
kepemimpinan sekolah dan citizenship behavior. Oleh karena itu, untuk
meningkatkan citizenship behavior guru, faktor seperti kepemimpinan
sekolah dan keadilan prosedural perlu dipertimbangkan.
Kata kunci: Kepemimpinan sekolah, keadilan prosedural, citizenship
behavior, manajemen sekolah
Bibliografi : hlm. 82-87
TM00006054 | TM 6054 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain