Text
Penggunaan sumber sejarah dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri Jakarta 48 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan sumber sejarah dalam pembelajaran. Berdasarkan fenomena yang masih sering terjadi di sekolah, masih banyak guru hanya menggunakan buku teks sebagai acuan utama dan jarang menjelaskan sumber sejarah dari sebuah peristiwa. Padahal sebuah peristiwa sejarah dituliskan berdasarkan sumber atau bukti yang relevan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman yang meliputi reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari sini didapatkan, bahwa penggunaan sumber sejarah dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 48 Jakarta sudah dilakukan. Sumber sejarah yang digunakan antara lain foto/gambar, video dokumenter, portal berita, serta buku (monograf). Kendala waktu dan perizinan menjadi kendala utama dalam penggunaan sumber sejarah. Hasil dari penggunaan sumber sejarah ini didapatkan bisa lebih mendekatkan siswa dengan peristiwa yang telah terjadi dan meningkatkan cara berpikir sejarah
TM00007099 | TM 7099 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2022.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain