Text
Penilaian bahan ajar modul ilustrasi bagian-bagian busana
ABSTRAK
Penilaian Bahan Ajar Modul Ilustrasi Bagian-Bagian Busana. Nasta Irena
Savela. (2023). Skripsi. Pendidikan Tata Busana Fakultas Teknik Universitas
Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian bahan ajar berbentuk
modul dengan materi ilustrasi bagian-bagian busana berdasarkan aspek bahan ajar
dan karakteristik modul. Penelitian ini dilakukan penilaian kepada panelis
berdasarkan aspek bahan ajar dan berdasarkan karakteristik modul sesuai dengan
bidang keahliannya dan dilaksanakan pada tahun akademik 2021 - 2023.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif pre
eksperimental desain one shot case study dengan teknik analisis data Kuantitatif
Deskriptif. Menggunakan variable tunggal yaitu variable bahan ajar modul
ilustrasi bagian-bagian busana materi kerah dan lengan. Dengan indikator
penelitian aspek materi, aspek penyajian, aspek kebahasaan, self instructional
(pembelajaran diri), self contained (satu kesatuan), stand alone (berdiri sendiri),
adaptive (menyesuaikan diri), dan user friendly (mudah digunakan). Penilaian
diukur dengan rating scale. Data penelitian diperoleh dari instrumen penilaian
yang diberikan kepada 4 orang panelis sesuai dengan bidang keahliannya.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara keseluruhan penilaian bahan
ajar modul ilustrasi bagian-bagian busana berdasarkan aspek bahan ajar dan
karakteristik modul, modul yang dibuat berada pada kategori Baik (B) dengan
presentase rata-rata sebesar 89,86%. Modul dapat dikatakan baik karena bahan
ajar modul ilustrasi bagian-bagian busana telah memenuhi kriteria berdasarkan
aspek bahan ajar dan karakteristik modul. Penilaian berdasarkan karakteristik
modul memperoleh nilai skor tertinggi dengan skor 93,75% dengan hasil yang
dapat dikatakan Baik (B), karena terdapat beberapa penilaian pada sub indikator
yang memperoleh nilai 4 (Sangat Baik) dan masih terdapat beberapa penilaian
pada sub indikator yang memperoleh nilai 3 (Baik). Penilaian berdasarkan aspek
bahan ajar berada pada urutan kedua dengan memperoleh nilai skor 86,64%
dengan hasil yang dapat dikatakan Baik (B) karena terdapat beberapa penilaian
pada sub indikator yang memperoleh nilai 4 (Sangat Baik) dan masih terdapat
beberapa penilaian pada sub indikator yang memperoleh nilai 3 (Baik).
Berdasarkan keseluruhan penilaian, indikator penilaian tertinggi yang
mempengaruhi hasil penilaian penelitian ini adalah stand alone (berdiri sendiri)
dan user friendly (mudah digunakan) keduanya memperoleh nilai skor 100%,
sedangkan indikator terendah adalah adaptive (pembelajaran sendiri) memperoleh
nilai skor 83,33%.
Kata Kunci: Penilaian, Modul, Menggambar Mode Ilustrasi Bagian-Bagian
Busana
Bibliografi : lembar 159-160
SS00033478 | SS 33478 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2023.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain