Text
Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) kelas XII dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMK Negeri 5 Jakarta
ABSTRAK
Leonita Ivana Pakpahan, “Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran
Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) Kelas XII dengan Model
Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMK Negeri 5 Jakarta” :
Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri
Jakarta, 2023
Penelitian ini bertujuan untuk merancang pembelajaran pada mata pelajaran
Pemeriksaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) dan meningkatkan hasil
belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan model pembelajaran
CTL. Penelitian terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan (yang
terdiri dari Pembelajaran Awal, Inti Pembelajaran, dan Penutup), observasi, dan
refleksi. Sasaran penelitian ini merupakan siswa kelas XII pada jurusan TKR di
SMK Negeri 5 Jakarta, yang berjumlah tiga puluh siswa. Penelitian ini terdiri dari
dua siklus. Dan hasil belajar siswa diukur dengan melakukan pre-test dan post-test
yang dilakukan tiap awal dan akhir siklus.
Penelitian ini mendapatkan hasil persentase ketuntasan siswa yang
mengalami peningkatan setiap pre-test dan post-test. Pre-test siklus I sebesar 0%
meningkat menjadi 20% pada post-test siklus I. Pre-test siklus II kembali
meningkat menjadi 33,33%, dan kembali meningkat pada post-testsiklus II menjadi
53,33%. Sedangkan nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan, dari 53,07
pada pre-test siklus I menjadi 67,60 pada post-test siklus I. Dan kembali terjadi
peningkatan pada pre-test siklus II sebesar 73,20 menjadi 80,00 pada post-test
siklus II.
Kata kunci: PTK, model pembelajaran CTL, hasil belajar
Bibliografi : lembar 55-56
SS00033575 | SS 33575 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2023.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain