Text
Peningkatan hasil belajar anatomi fisiologi kelas X di SMK Negeri 3 Tangerang melalui metode quantum teaching
ABSTRAK
Tri Helpy Purnamadani, Peningkatan Hasil Belajar Anatomi Fisiologi Kelas
X Di Smk Negeri 3 Tangerang Melalui Metode Quantum Teaching : Program
Studi Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action
research) dengan melakukan tindakan sebanyak 2 siklus. Masing-masing siklus
terdiri dari 4 tahap yaitu : 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Pengamatan, 4).
Refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran anatomi fisiologi pada materi anatomi fisiologi, kelainan dan
penyakit kulit dan rambut dengan menggunakan metode quantum teaching.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, pengamatan dan
wawancara. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif, dimana pendekatan kualitatif yaitu mengukur respon dan sikap siswa,
kegunaan pendekatan kuantitatif yaitu untuk mengukur hasil belajar siswa.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas X kecantikan SMK
Negeri 3 Tangerang dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Alokasi waktu pada
masing-masing siklus 2x45 menit pada tanggal 5 November – 3 Desember 2016.
Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penggunaan metode quantum
teaching pada mata pelajaran anatomi fisiologi materi anatomi fisiologi, kelainan
dan penyakit kulit dan rambut dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X
kecantikan. Sebelum dilaksanakannya penelitian ini hanya 9 siswa yang mampu
mencapai nilai KKM, kemudian setelah dilakukan penelitian ini 100% siswa
mampu mencapai nilai lebih dari KKM. Perolehan nilai rata-rata kelas meningkat
dari pre-test dan post-test mulai dari siklus I sampai siklus II. Pada pelaksanaan
pre-test perolehan nilai rata-rata siklus I yaitu 63,167 nilai tertinggi 100 dan nilai
terendah 16, kemudian perolehan nilai rata-rata post test siklus I yaitu 71,667
Dengan nilai tertinggi. Peningkatan belajar siswa dapat dilihat dari perolehan ratarata
pre-test siklus II 71,667 Dengan nilai tertinggi 100 Kemudian pada post-test
didapat perolehan rata-rata 81,111 Dengan nilai tertinggi 100
Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar Metode Pembelajaran
Quantum Teaching Bibliografi : lembar 107-108
SS00013391 | SK 13391 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain