Text
Pengembangan lembar kerja siswa menggunakan pendekatan inkuiri untuk meningkat sikap ilmiah siswa SMA
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN
INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA SMA
RONI JARLIS
Program Study Pendidikan Fisika, Program Magister
Universitas Negeri Jakarta
Jakarta Indonesia
Email: ronijarlis@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian yang berjudul “Pengembangan LKS berbasis inkuiri untuk meningkatkan sikap
ilmiah siswa pada pembelajaran fisika SMA” ini bertujuan untuk mengembangkan LKS
berbasis inkuiri yang diharapkan dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa pada materi toeri
kinetik gas. Metode pendekatan inkuiri yang dikembangkan dengan langkah, pemberian
masalah, merumuskan masalah, hipotesa, experimen, mengumpulkan data, analisis data
dan membuat kesimpulan, sedangkan sikap ilmiah yang dilihat adalah rasa ingin tahu, jujur,
kritis, kerja sama, ketekunan, keterbukaan. Metode yang digunakan adalah metode
pengembangan ADDIE, analyze, design, develop, implement, evaluate. Mengembangkan
LKS berbasis inkuiri dan meguji keefektifitas LKS tersebut dalam proses pembelajaran.
Subyek penelitian 30 siswa kelas XI SMA N 2 Bekasi. Instrument yang digunakan adalah
LKS, angket kuisioner sikap ilmiah. Penilaian terhadap LKS dilakukan uji validasi ahli media,
ahli materi, angket untuk guru. Hasil validasi ahli media menunjukan 92,30 % (sangat baik),
ahli media dengan nilai 90,21% (sangat baik), sedangan uji coba kepada guru dan siswa
menunjukan nilai 86,13% dan 89,16% (sangat baik). Hasil uji keefektifitas LKS
menggunakan uji N-Gain kreteria sedang, nilai 0,32. Hal ini menunjukan bahwa LKS
berbasis inkuiri dilengkapi simulasi Phet layak menjadi bahan ajar yang baik dan mampu
meningkatkan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran fisika SMA materi teori kinetik gas.
Kata Kunci : Pengembangan LKS, inkuiri, Sikpa Ilmiah, Teori Kinetik Gas, Phet
Bibliografi : lembar 97-99
TM00001844 | TM 1844 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain