Text
Meningkatkan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas IV SDN Cempaka Putih Barat 03 Pagi Jakarta Pusat
Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV di SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat
Audia Nabilah
ABSTRAK
Penelitian kelas ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cempaka Putih Barat 03 Pagi Jakarta Pusat sebanyak 38 siswa. model yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan desain tindakan yang dipakai menurut Kemmis dan MC Taggart yang dalam satu siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu, perencanaan, pelaksanaan/ tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan instrumen non tes dan catatan lapangan. Hasil peneitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD. Berdasarkan data sikap ilmiah siswa pada siklus I, siswa yang masuk kategori sikap tinggi dan sangat tinggi sebesar 79%. Persentase ini meningkat pada siklus II yaitu menjadi 90%. Berdasarkan data pemantau tindakan guru dan siswa pada siklus I adalah 82% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa prose pembelajaran melalui model pembelajaran Problem based Learning dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas IV SDN Cempaka Putih barat 03 Jakarta Pusat menjadi lebih baik.
Kata kunci : Meningkatkan sikap ilmiah, model Problem Based Learning Bibliografi : lembar 122-124
SS00013064 | SK 13064 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain